Selasa, 11 Mei 2010

Undang-Undang Menyalakan Lampu Kendaraan Pada Siang Hari

Menyalakan Lampu Utama Malam atau Siang Hari
Selalu nyalakan lampu utama motor Anda di Jalan pada siang maupun malam hari. Karena menurut Pasal 293, karena jika Anda tidak menyalakan lampu utama pada motor Anda di malam hari, Anda bisa dikenakan dipidana dengan pidana kurungan paling lama sebulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah). Bila sebelumnya ligh on disiang hari hanya dianjurkan, sekarang diwajibkan. Jika tidak menyalakan lampu utama di siang hari dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah).

dari : tanyagratisan.blogspot.com/2009/12/undang-undang-lalu-lintas-tahun-2010.html



Kemarin saya diberitahu ayah saya kalau undang-undang itu mulai jalan dan bener-bejner dilaksanakan Mei ini. Dendanya gak nanggung-nanggung broo.. sampai dengan Rp.100.000. Kalau menurut saya. undang-undang ini agak percuma dan mengada-ada. Kenapa cuma motor yang disuruh nyalain lampu pas siang. Kenapa gak diberlakuin pada mobil, truk, becak dan kendaraan lainnya.

Mereka bilang alasannya untuk keamanan berkendara. Kalau menurut saya apakah malah tambah ulap. Saya tidak menyalahkan mereka yang membuat undang-undang. Paling tidak beri penjelasan yang lebih detail. Supaya kita gak su'udon. Apakah jangan-jangan ada keuntungan tertentu bagi satu pihak. Lalu mereka bekerja sama dengan polisi. Tolonglah bapak/ibu polisi, kami hanya masyarakat yang ingin hidup sederhana dan ingin berhemat. kalau lampu dinyalakan setiap waktu kan bakal boros aki. kalau uda boros aki berarti kita berarti udah membuang energi. betul tidak pembaca

5 komentar:

Ombung (^ ; ^)v mengatakan...

mmm... spertinya betul jg apa yg mas Rizky sampaikan. knapa perlu dibeda2kan antra kndaraan 1 dg yg lain dlm menjalankn praturan ini,tolong pemerintah menjelaskannya...

artikelnya mantab mas,slm kenal

investasi emas mengatakan...

ada baik nya di tinjau ulanglagi UU nya tuh,....

ahmedfikreatif mengatakan...

klo mslah aki,,,
ada sebuah penelitian bhw dg menyalaknnya di siang hr justru lebih memperkuat kualitas aki nya


cuman, klo masalah kepentingan keamanan, mungkin pas-nya jika untuk antar kota saja kali...

*dugaan jelek gw, hny untuk memudahkan aparat mencari kejar setoran saja

:D

Anonim mengatakan...

Menurut saya, peraturan ini TIDAK DIPIKIRKAN DENGAN MATANG DAN TIDAK ADIL,
Betul yg di katakan blogger, kalau di siang hari sudah tidak bisa melihat sepeda motor lagi berarti itu buta, lagian yg namanya org nabrak pasti alasannya " aduh ga kelihatan pak " .. Harusnya lebih bijak aja, memilah mana yg harus dirubah dan mana yg harus di perbaiki!
Lagian BEGO banget org siang" bolong pake lampu UTAMA, kalau kita di daerah BERKABUT itu masuk akal, kalau di SURABAYA yg matahari kaya mau copot masih harus pakai lampu?

Jujur gw abis di tilang karna HANYA menyalakan lampu KECIL, tidak menyalakan LAMPU UTAMA .. Dan rese-nya jg pengendari lain yg kena razia safety riding yg "nakal" di tempat razia baru nyalakan lampu utama malah di lepas, sedangkan org yg tdk tahu apa-apa malah di tilang, oh no! Apakah pihak polisi emang sebodoh itu ya?
Yg BOHONG jd bener, yg BENER n JUJUR jd salah..
Yang GA MASUK AKAL jd PERATURAN, tapi PENGENDARA yg tdk bermoral malah TIDAK DIPROSES..
Lebih baik urus itu motor yg sukanya dempet", zig zag, nerobos lampu merah, dan nyerempetin orang! Skill di pake donk buat nangkap kejahatan, bukan punya Gelar untuk cari uang, tapi untuk membrantas kejahatan!

Wahyu Theloyal mengatakan...

benar itu mas.. saya tadi baru saja kena tilang karna hanya menyalakan lampu Kecil tdak menyalakan lampu Utama .. tpi yg saya bingung kan dendanya apabila tidak menyalakan lampu utama di siang hari itu paling banyak rp.100 rb .. kalau minimal nya berpa ya atau yang paling sedikit.. itu yang membuat saya bingung ??? kalo mas ad yang berniat jawab terimaksih mas.. :)